Minggu, 05 Mei 2013

PROBLEM SOLVING I



1. Pengertian Problem Solving
Problem solving sama artinya dengan pemecahan masalah. Problem solving adalah suatu pendekatan dalam menghadapi masalah. Problem solving juga merupakan suatu prosedur yang didalamnya terdapat langkah-langkah yang harus diikuti dalam memecahkan sebuah masalah yang   dihadapi   seseorang   sebagai   perorangan   atau   seseorang   bagi pemimpin organisasi atau anggota organisasi.
Pernahkah Anda menghadapi masalah ?. Dapatkah Anda mengemukakan   contohnya   ?.   Apakah   masalah   yang   Anda   dihadapi masalah pribadi, sosial, belajar atau karier ?.
Bagaimanakah kebiasaan Anda dalam menghadapi masalah yang pernah Anda hadapi ? Bagaimana pemecahannya ? atau langkah-langkah apa yang Anda tempuh setiap masalah yang Anda hadapi ? Bagaiaman hasilnya ?

2. Apa Masalah Itu ?
Pengertian masalah atau problem yang dihadapi seseorang berbeda  dengan  orang  lain.  Pengertian  masalah  yang  dihadapi  oleh seorang pemimpin berbeda dengan dihadapi oleh seorang pemimpin berbeda dengan yang dihadapi oleh seorang sarjana. Berbeda pula oleh seseorang sebagai pemimpin/anggota organisasi.
Masalah dapat digambarkan sebagai suatu keadaan (terlihat atai tidak terlihat) di mana antara yang diharapkan dengan kenyataan tidak sesuai. Antara apa yang direncanakan dengan kenyataan tidak sesuai. Atau terdapat hambatan yang diinginkan dengan keadaan sebenarnya.
Masalah berbeda dengan keluhan. Keluhan bieasanya merupakan
akibat dan masalah yang tidak jelas atau tidak teratasi/tidak terselesaikan. Kelihan yang dirasakan seseorang dapat dijadikan pertanda seseorang sedang mengalami masalah yang tidak dikenali atau sebuah masalah yang dipecahkan.


Masalah yang tidak dipecahkan akan dapat menimbulkan masalah baru. Oleh sebab itu setiap orang harus menyikapi setiap masalah yang dialaminya.


3. Bagaimana menyikapi masalah


Lari dari masalah ?
Menghadapi dan memecahkannya ? Mengeluh
Tidak tahu apa yang harus dilakukan ? Meminta bantuan kepada orang lain ?
Setiap  orang  tidak  mungkin  dapat  menyikapi masalahnya  dengan  tepat
apabila ia tidak atau belum mengenali masalah itu. Disamping itu ia harus mengenali sumber masalah yang dialami. Pada umumnya masalah yang dialami setiap orang bersumber dari dalam diri sendiri (internal) dan dapat juga bersumber dair luar diri (eksternal).
Sebagai  seorang  siwa  malah  yang  bersumber  dari  dalam  diri  sendiri
meliputi  kondisi  pribadi  misalnya  kecerdasan,  bakat,  fisik,  nilai, kepribadian, ketrampilan belajar dan sebagainya. Sedangkan yang bersumber dari luar diri seperti kondisi fisik sosioemosional di lingkungan keluarga dan sekolah (pencahayaan, kebersihan, sirkulasi udara, hubungan dengan teman, dengan guru dan lain sebagainya) sarana belajar pribadi dan sekolah.

Langkah-langakh dalam memecahkan masalah
Dalam memecahkan masalah yang dialami perlu memahami langkah- langkah berikut :


MERUMUSKAN MASALAH YANG DIHADAPI





MENGANALISA SEBAB AKIBAT MASALAH





MENGHIMPUN BERBAGAI ALTERNATIF
PEMCAHAN




MEMILIH ALTERNATIF YANG PALING TEPAT





MELAKSANAKAN PILIHAN DALAM BENTUK
KEGIATAN NYATA



Keterangan : Merumuskan Masalah
Untuk mengetahui hakikat daripada sesuatu masalah tidaklah mudah, karena masalah yang sebenarnya dihadapi sering terselubung dalam berbagai bentuk  berupa  gejala  gejala  yang  tampak  dan  tidak  tampak. Oleh sebab itu, diperlukan, pendidikan dan pengalaman untk dapt mencari sebab akibat yang tepat guna mencari pemecahaannya. Demikian juga halnya dengan msalah yang perlu dipecahkan melakui satu keputusan. APa yang   tampak   seperti   masalah   dalam   satu   organisasi   belum   tentu merupakan  masalah  yang  sebenarnya.  Yang  terlihat  itu mungkin hanya gejalanya saja, sedangkan hakekat yang sebenarnya dari masalah itu perlu dipahami lebih mendalam.


Orang Amerika (Industriwan Charles F Kattering) mengatakn “ Suatu masalah yang sudah didefinisikan dengan baik berarti sudah separo terpecahkan”. Sebuah masalah dapat dirumuskan dalam bentuk kalimat pernyataan atau kalimat pertanyaan.
Contoh : Kekurang dana rekrasi ke Taman Wisata Sondokor / Mengapa terjadi kekurangan dana rekreasi ke Taman Wisata Sondokoro

Analisa Sebab-AKibat
Setiap masalah yang akan dipecahkan perlu diketahui sebab masalah itu terjadi dan akibatyang akan meuncul bila tidak diatasi. Dalam menganalisa sebab akibat dari suatu masalah memerlukan pengetahuan dan pengalaman, memerlukan data dan fakti yang jleas/akurat. Tanpa hal itu akan sulit mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Hal ini bertujuan untuk memperkecil resiko yang muncul dari sebuah keputusan yang akan diambil dari pemecahaan masalah yang dialami.
Mengapa terjadi kekurangan dana rekresi ke Taman Wisata Sondokor ? Padahal  waktu  keberangkatan  yang  direncanakan  sudah  dekat.  Apakah akibatnya bila dana yang dibutuhkan tidak terkumpul sesuai jadwal ? Menghimpun Alternatif Pemecehan
Kegiatan berikutnya ialah menentukan alternative pemecahan, yaitu berbagai kemungkinan yang dapat dipilih untuk dilaksanakan sebagai jalan keluar dari masalah dihadapi.
Setiap   alternative   harus   dikaji   faktor-faktor   pendukung   dan   faktor
penghamat yang ada dalam setiap alternative. Keuntungan apakah yang akan diperoleh apabila alternative tersebut menjadi pilihan atau sebaliknya kerugian/resiko apa yang akan muncul apabila alternative tersebut akan dipilih. Di samping itu juga harus diperhitungkan kekuatan kemauan dan kemampuan untuk melaksanakannya unbtuk menghindari munculnya masalah baru.

Memilih Alternatif yang Paling Tepat
Ukuran alternative yang paling tepat dapat dilihat dari segi biaya waktu, sarana,  kemampuan  dalam  melaksankannya.  Dengan    kata  lain  apakah


alternative yang dipilih dapat mepermudah tercapainya tujuan, dapat mengurangi kerugian, dapat mengurangi konflik dengan orang lain, dapat memberikan                kepuasan  mampu           dan                              mau     melaksanakannya dan sebagainya.


Melaksanakan Pilihan dalam Bentuk Kegiatan Terencana
Keputusan yang diambil akan dapat berfungsi mememcahkan masalah apabila dapat dilaksanakan. Oleh karena itu harus dususn rencana kegiatan pelaksanaannya.  Keputusan  yang  diambil  oelh  perorangan  untuk mengatasi masalah perorangan tetap memerlukan rencana kegiatan pelaksanannya, apabila keputusan yang diambil oleh orangiasai untuk keperluan               memecahkan        masalah  organisasi                       yang                     pelaksanannya melibatkan banyak orang memerlukan koordinasi, pengawasan dan penggunaan  biaya   sangat   diperlukan  adanya  rencana  kegiatan  yang matang agar masalah dapat terpecahkan dan  tidak muncul/mengurangi munculnya masalah yang baru yang lebih rumit.

10 komentar:

  1. harus posiif tingking sma masalah, ujian untuk meningkatkan kualitas diri... hehe

    BalasHapus
  2. pemecahan masalah butuh kepala dingin

    BalasHapus
  3. setiap orang psti punya masalah

    BalasHapus
  4. Saya sendiri adalah orang yang selalu bermasalah.,he

    BalasHapus
  5. setiap masalah pasti ada jalan keluarnya ..

    BalasHapus
  6. Setiap manusia pasti mempunyai masalah, tergantung kita bisa menyelesaikannya atau tidak.

    BalasHapus
  7. masalah tak akan ada habisnyaa.......

    BalasHapus
  8. Masalah adalah guru bagi kita

    BalasHapus